MICE tidak sulit..ribet iya!!


         Kalimat MICE tidak sulit ribet iya pertama kali saya ucapkan ketika salah seorang rekan guru menanyakan tentang tawaran S2 Pariwisata MICE yang tadinya hendak diikuti. Beliau ingin mendapat informasi tentang MICE. Beliau memperhatikan bahwa siswa-siswa SMKN 57 Jakarta yang belajar MICE terlihat senang tetapi sulit untuk mengerjakan proposalnya. Ya betul, jawab saya memang seperti itu. MICE buka sekedar hanya menangani suatu event tetapi perlu persiapan yang matang dan mampu mempertemukan ide-ide antara klien dengan EO.

       Hmm, ketika saya disindir oleh salah satu rekan guru mengapa tidak langsung praktik nyata saja. Saya hanya tersenyum. Pelajaran MICE bukan pelajaran menangani event secara pura-pura,sewaktu saya mendapati kenyataan bahwa siswa-siswa kelas XII tidak menanggapi serius event yang tadinya akan dilaksanakan lebih baik tidak jadi.

      Siap, teliti, hati-hati dan tepat waktu itulah nilai-nilai yang saya tambahkan dalam mengajar MICE selain mampu bekerjasama dalam tim, mandiri, inovasi dan jujur. Siswa kelas X yang tidak paham dengan pelajaran MICE bertanya kepada siswa kelas XI dan XII yang sudah pasti beda kompetensi yang diajarkan, betul salah satu tujuan pembelajaran MICE adalah mampu membuat proposal tetapi isi proposal berbeda-beda, itu yang harus para siswa pahami.

      Ketika salah seorang siswa kelas XI pergi ke tempat fotokopi untuk menjilid proposalnya, mas yang ada di tempat fotokopi merasa heran dan kagum mendapati bahwa pekerjaan yang dijilidnya tersebut adalah hasil kerja siswa kelas XI bukan mahasiswa. Yup, saya ingin lulusan SMKN 57 Jakarta memiliki kemampuan yang bagus walaupun masih berbentuk teori-teori.

     Yang harus dilakukan siswa selama belajar MICE adalah kembangkan imajinasimu sebebasnya, buatlah kreatif, sesuaikan dengan permintaan, kaitkan dengan teori, catat informasi tambahan baik dari guru ataupun hasil browsing dari internet. Hasilnya?banyak siswa yang menyatakan ingin kuliah lagi mengambil jurusan MICE ataupun bekerja di kantor EO.

     Sepanjang saya mengajar MICE tidak pernah saya menyatakan bahwa ide siswa salah walaupun ide tersebut aneh-aneh. Saya guru bukan hakim!!!

Tinggalkan Balasan

