Laporan Pelaksanaan Program Kerja Ka.Pro UPW periode 2008 s.d 2010


Laporan ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban saya sebagai Ketua Program Usaha Perjalanan Wisata sehubungan dengan berakhirnya masa tugas saya dalam periode ini.

Program-program yang dibuat adalah rutin harus dilaksanakan. Program rutin diusahakan mengalami peningkatan mutu. Terutama yang berlangsung dengan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang dimaksud adalah siswa-siswa program keahlian UPW.

Program rutin berupa praktik Guiding yang mengalami peningkatan mutu yaitu :

  1. Java-Bali overland tour
  2. Bandung countryside tour
  3. Jakarta city tour
  4. Adventure Tour (arung jeram)

Tour-tour yang dilangsungkan mengalami peningkatan kualitas baik dari faktor transportasi, konsumsi, obyek wisata bahkan akomodasi, yang untuk pertama kalinya menginap dan table manner di hotel berbintang 5.

Program berupa pengadaan fasilitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Fasilitas tersebut adalah ASSET (Abacus Reservation System)  dan Garuda General System dan sudah terpasang di laboratorium UPW, sebagai sarana KBM Airline Reservation dan Tickecting. Untuk praktik Tour Planning, semua komputer yang ada dalam laboratorium UPW sudah dilengkapi dengan internet sehingga siswa dapat mencari informasi dalam pembuatan paket wisata. Agar lancar dalam pemanduan wisata, untuk praktik di kelas, siswa dapat menggunakan portable speaker.

Uji Kompetensi masih tetap dilaksanakan di kelas XI dan XII dengan penguji dari dunia industri dan sekolah, hal ini sekaligus untuk menjaga kualitas guru produktif UPW agar tetap up date dengan perkembangan pariwisata. Praktek kerja industri masih dilaksanakan di dua tempat yaitu Monas untuk bidang kerja pemanduan wisata dan travel-travel di Jakarta untuk bidang kerja airline reservation dan tickecting juga tour planning.

Peningkatan SDM dimulai dengan mengikutkan guru-guru produktif dalam diklat bahasa Inggris dengan native speaker agar lancar dalam berbicara dalam bahasa inggris kemudian diklat-diklat yang ada hubungannya dengan program keahlian UPW yaitu diklat ABACUS dan tourism industry.

Sebagai ketua program, saya juga bertanggungjawab agar program keahlian yang saya koordinir memiliki prestasi yang bagus. Dalam akreditasi, untuk pertamakalinya program keahlian UPW menembus angka 90 dengan nilai 92,22 (A) mengingat waktu untuk mempersiapkan bukti-bukti sesuai instrumen  akreditasi tidak banyak. Selama dua tahun, juga dapat terjaga tingkat kelulusan 100%. Prestasi siswa mengikuti Lomba Ketrampilan Nasional baik bahasa asing ataupun tourist industry dapat mencapai juara 1 dan 2 tingkat nasional.

Semua pencapaian prestasi dan kelancaran program-program tidak lepas dari dukungan dan kerjasama yang baik dari rekan-rekan guru di program keahlian UPW, rekan guru SMKN 57, siswa dan orang tua siswa juga Kepala SMKN 57 Jakarta. Sehingga dengan ini saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Manusia bukan makhluk yang sempurna, saya menyadari masih ada program yang belum bisa terlaksana dan terwujud karena dana yang terbatas atau kesempatan yang minim. Dalam melaksanakan tugas sebagai Ketua Program UPW, bila ada kalimat atau perbuatan yang tidak berkenan, dalam blog ini saya mohon maklum adanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s