Bisakah aku naik kelas??


Setiap siswa saat ini pasti sedang harap-harap cemas apakah dirinya yang termasuk disebut untuk naik kelas atau gagal. Kok gagal? karena kalau kamu sekolah di sekolah unggulan seperti SMKN 57, kamu tidak berhak untuk mengulang seandainya nilai-nilai pelajaran kamu banyak yang tidak kompeten.

Syarat untuk naik kelas yaitu :

  1. Tidak lebih dari 3 mata pelajaran yang BELUM kompeten
  2. Rata-rata kehadiran sepanjang semester ini dan sebelumnya minimal 90 persen
  3. Kelakuan harus baik

Hhhm kok susah ya, mau naik kelas pakai syarat-syarat di atas itu. Seandainya kamu masih memiliki 4 pelajaran yang belum kompeten apakah kamu sudah gagal? Betul kamu gagal ! dan dirimu juga termasuk siswa yang dipertimbangkan untuk naik kelas seandainya 3 mata pelajaran tersebut adalah mata pelajaran PRODUKTIF. Memangnya pelajaran produktif levelnya lebih tinggi yaa dari mata pelajaran lain?..bukan begitu tetapi kamu khan siswa sekolah kejuruan pasti harus bisa mata pelajaran produktif yang dasar dulu sebelum ke tingkat selanjutnya.

Siapa yang menentukan kamu boleh naik kelas? wali kelas? Bukan, Guru Galak?Bukan, Ketua Program? Bukan, yang benar adalah rapat Dewan Guru. Semua guru yang berkepentingan, harus hadir dalam rapat kenaikan kelas. Kemudian walikelas membacakan hasil belajarmu, bila kamu tidak memenuhi syarat kenaikan kelas, PASTI kamu akan dibahas. Rapat akan berjalan alot seandainya suara yang setuju kamu naik sebanding dengan suara  yang tidak setuju kamu naik.

Biasanya guru BK juga ikut urun rembuk, maksudnya selama tahun ajaran yang berjalan ini berapakali kamu absen, apa alasanmu kamu sampai tidak ikut pelajaran. Dari guru BK juga ketahuan faktor-faktor apa saja yang menghambat kamu belajar. Jadi semua masalah dibeberkan begitu? bukan, tetapi analisa guru BK atas dirimu yang disampaikan dalam rapat tersebut sehingga menjadi pertimbangan guru-guru untuk mengambil keputusan.

Ternyata untuk naik kelas itu rumit ya? ah tidak juga, seandainya kamu merasa lancar dalam mengikuti pelajaran selama tahun ajaran ini, berarti kamu bisa naik kelas.

Kamu juga harus sadar, belajar adalah kewajiban. Pikirkanlah masa depanmu. Bila kamu tidak berhasil di SMKN 57 mungkin kamu bisa berhasil di sekolah lain! tetapi kamu juga harus ingat usaha orangtuamu sepanjang tahun ini yang susah payah membiayai sekolahmu!!

….Seandainya temanmu yang malas mengajakmu untuk kompak tidak remedial pelajaran tertentu berarti kamu sudah terbujuk rayuan syetan (sampai sini berarti sudah tahu dong mukanya syetan wkwkwk…), waktu remedial pergunakanlah sebaik-baiknya. Jangan sampai guru harus mengejar-ngejar kamu untuk remedial, iya kalau gurunya sabarrrr, kalau sudah sabar kamu masih acuh dan mulai bereaksi dengan sistim kebut sekenceng-kencengnya alias tugas-tugas dan ulangan perbaikan dikerjakan rombongan..nahh mulai deh kamu mengejar nilai bukan ilmu. Guru yang juga pendidik pasti mulai manyun deh lihat kelakuanmu begitu. Dan secara tidak langsung kamu memaksa guru itu untuk memberi nilai bukan ilmu, jadi dosamu tambah deh. Sudah cuek sama guru aka tidak sopan eh maksa lagi ngasih angka padahal kamunya maleeeeeessss!

Last but not least…lebih enak mengisi liburanmu dengan tersenyum karena kamu naik kelas daripada bibir senyum tapi kening mengkerut karena mikir mau sekolah dimana lagi saya???…chayooo (*_’)

4 thoughts on “Bisakah aku naik kelas??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s